TUJUAN ORGANISASI

cropped-grp1.png

GRAPESDA    RESCUE.Png      photo.jpg RESIMEN

( LATAR BELAKANG )

GERAKAN PENYELAMATAN SUMBER DAYA ALAM KALIMANTAN ,Adalah sebuah Organisasi Lingkungan Hidup dan Organisasi sosial kemasyarakatan. Berdasar pada keprihatinan melihat semakin parahnya kerusakan alam Indonesia khususnya Alam Kalimantan melahirkan pemikiran untuk ikut berperan serta dalam hal penyelamatan SDA dan lingkungan dalam arti luas.

Pemikiran-pemikiran tersebut menjadi sebuah konsep yang diaflikasin melalui gerakan sosial media yang diberi nama Gerakan Penyelamatan Hutan Kaltim ( Graph kaltim), Gerakan ini sejak tahun 2010 aktif melakukan kritik dan kampanye tentang penyelamatan hutan dan lingkungan melalui Media jejaring sosial, namun Kritik dan kampanye melalui media sosial tidaklah cukup tanpa tindakan yang nyata, Akhirnya dengan kebulatan tekad dan semangat pengabdian yang tulus kepada Alam dan Manusia serta untuk Pengabdian yang lebih luas yaitu Kalimantan dalam arti seluruhnya maka ( Graph Kaltim ) resmi berganti nama menjadi GRAPESDA KALIMANTAN singkatan dari ( Gerakan Penyelamatan Sumber Daya Alam Kalimantan ) dikukuhkan dengan sebuah Akte Pendirian Organisasi pada hari Senin tanggal 16 Januari 2012 di Samarinda Kalimantan Timur.
Indonesia yang merupakan Negara agraris memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah hal ini pula yang membuat para pengusaha berlomba- lomba untuk mengeksploitasi dan mengeksplorasi secara besar – besaran dan akhirnya mengenyampingkan keseimbangan alam dengan segala ekosistem didalamnya serta aktivitas tersebut juga sering kali terjadi merampas dan merusak hak-hak Masyarakat Adat yang sejak beribu-ribu tahun yang lalu dengan tatanan adatnya secara bijak dan arif mengelola SDA dan lingkungan .

Aktivitas eksploitasi SDA dewasa ini sangat bertentangan dengan UU NO 32 tahun 2009 BAB VI Pasal 57 Ayat 1,2,3,4dan 5 ,yang akhirnya menimbulkan terganggunya ekosistem serta kerusakan lingkungan dan berdampak pada pemanasan global ( Global Warming).

Aktivitas pertambangan dan perkebunan Kelapa Sawit adalah penyumbang utama untuk kerusakan alam serta hutan Kalimantan,bagaimana tidak hampir 80% aktivitas mereka tidak memenuhi kreteria AMDAL yang berlaku,belum lagi proses perizinan yang terkadang tidak sesuai dengan prosedur yang di tetapkan oleh Undang- Undang,kebijakan- kebijakan yang salah kaprah tersebut diganti dengan program CORPORATE SOCIAL RESPONCIBILITY ( CSR ) yang sangat tidak seimbang dengan kerusakan yang ada.

Hutan dibabat,Top Soil hilang dan sungai-sungai bercampur bahan kimia berbahaya, Menyadari betapa pentingnya menjaga kelestarian Alam dan Hutan kita serta seluruh Flora dan Fauna di dalamnya yang sejalan dengan amanat Pancasila dan Undang – Undang dasar 1945 Pasal 33 ayat 3 ,yaitu Bumi air dan segenap isinya di kuasai oleh Negara dan pergunakan sebaik-baiknya untuk kemakmuran bangsa serta mencermati UU RI No : 32 tahun 2009 Bab X Pasal 65 ayat 1,2,3 dan 4.,Pasal 66.67 maka GERAKAN PENYELAMATAN SUMBER DAYA ALAM berusaha berperan aktif menjaga kelestarian alam dan hak-hak masyarakat adat yang ada didalamnya serta berusaha menjadi mitra pemerintah pusat dan daerah .

Semoga niat baik ini bisa bermanfaat untuk penyelamatan Lingkungan Hidup dan tatanan masyarakat adat kita serta mendapat dukungan dari pemerintah dan seluruh komponen Bangsa ,demi tercapainya singkronisasi antara Alam dan Manusia dan demi tercapainya Kelestarian yang hakiki ,untuk mengurangi dampak pemanasan Global.. Aamiin.

MARKAS BESAR GRAPESDA KALIMANTAN
KETUA UMUM

 (ARIE YANNUR )

HAKIKAT PERJUANGAN ORGANISASI

1. Gerakan Penyelamatan Sumber Daya Alam Kalimantan,adalah sebuah organisasi lingkungan hidup dan sosial masyarakat yang merupakan salah satu bagian dari elemen komponen anak bangsa yang memiliki komitmen didalam menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam Indonesia.

2. Rakyat sebagai subjek dan objek dalam pembangunan dan kemajuan bangsa adalah pewaris mutlak kekayaan Sumber daya Alam Indonesia dan berkewajiban menyelamatkan asset – aset Negara Khususnya yang berkaitan dengan sumber daya alam sebagai bagian dari bela Negara dan Cinta Tanah Air.

3. Mengedepankan Azas kegotong – royongan dan senasib sepenanggungan dalam rangka Penyelamatan Sumber Daya Alam Indonesia Khususnya Bumi Kalimantan dari dampak kehancuran demi generasi Indonesia masa depan,sebagai bagian dari kewajiban bela Negara.

VISI

Visi dari organisasi ini adalah,memperjuangkan dan mempertahankan serta mengembalikan pungsi seluruh sumber daya alam dan Hutan Indonesia khususnya yang ada Kalimantan demi tercapainya keseimbangan pungsi alam secara menyeluruh.

MISI

GERAKAN PENYELAMATAN SUMBER DAYA ALAM KALIMANTAN ,bertujuan untuk membantu program pemerintah Pusat dan Daerah tentang pelestarian lingkungan secara menyeluruh baik laut dan darat ,melalui upaya pelaksanaan Konservasi,Reboisasi,Reklamasi dan Inventarisasi lahan eks Tambang Batu Bara dan lahan gundul lainya untuk mengurangi dampak pemanasan Global. Melaksanakan Inventarisasi dan pelestarian flora dan fauna Indemik Kalimantan dan lainya,guna menghindari dari dampak kepunahan

 

KEWENANGAN :

1. Melaksanakan konsevasi dan reboisasi reklamasi sumber daya alam dan pelestarian lingkungan.
2. Melaksanakan Inventarisasi dan pelestarian flora dan fauna indemik Kalimantan untuk mencegah kepunahan.
3. Menyelanggarakan biro konsultasi,pembinaan dan pelatihan ,penyuluhan serta kajian-kajian atau diskusiseminar  dan penelitian dibidang penyelamatan sumber daya alam dan lingkungan hidup
4. Memfasilitasi komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah dan pengusaha dan elemen masyarakat lainnya.
5. Melakukan pendampingan terhadap rakyat yang mengalami ketertindasan ,baik secara ekonomi ,hukum,politik dan sosial budaya dibidang sumber daya alam dan lingkungan hidup.
6. Mengadakan kerjasama dengan badan-badan lain,baik pemerintah maupun swasta baik di dalam maupun di luar negeri.

 

SAVE KALIMANTAN SAVE THE WORLD

Tinggalkan komentar